Seorang pebisnis harus memiliki impian untuk mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi. Tidak hanya pasar lokal yang menjadi target melainkan juga sampai pasar internasional atau dengan istilah kerennya ‘go international’.
Ya, bukan cuma artis yang memiliki cita-cita untuk go international, para pebisnis juga. Sebelum memulai, pahami resiko investasi saat Anda sudah mengarahkan pasar ke mancanegara. Resiko akan selalu ada tapi resiko juga bisa diminimalisir dengan manajemen resiko.
Salah satu manajemen resiko yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan hal-hal yang bisa mengurangi resiko seperti beberapa tims untuk mengembangkan usaha Anda seperti di bawah ini;
8 Tips Mengembangkan Usaha Hingga ke Mancanegara
Hal itu dapat terjadi ketika Anda melakukan penelitian terhadap produk, pesaing serta pasar dimana produk akan dipasarkan.
Ada banyak hal yang berkaitan dengan penelitian hingga membuat Anda yakin bahwa produk akan diterima dengan baik di pasar mancanegara.
Dengan ini, Anda dapat memetakan pasar serta potensi yang bisa Anda maksimalkan. Anda harus bisa memastikan bahwa produk yang akan dijual ke negara tersebut apakah akan diminati dari sisi karakter, budaya dan pendidikan negara tersebut. Terkadang, memodifikasi produk juga diperlukan agar dapat diterima pasar.
Berbeda dengan pasar di Indonesia dimana harga murah masih lebih dominan walau kualitas yang diberikan rendah. Jadi, terus tingkatkan kualitas hingga mencapai standar internasional.
Anda bisa memulai dengan membuat website dengan bahasa Inggris agar dipahami oleh konsumen di berbagai negara, iklan di google, iklan di media sosial dan yang tidak boleh tertinggal adalah mendaftarkan toko online Anda di marketplace internasional seperti Amazon, Alibaba atau bahkan e-bay. Dengan kemajuan teknologi dan internet, seharusnya ini tidak terlalu sulit.
Anda akan memasarkan produk. Anda harus mendapatkan legitimasi atau izin legal untuk bisa memasarkan produk di negara tersebut.
Dengan begitu, Anda tidak akan mendapatkan masalah terkait dengan hukum di negara tersebut.
Penting untuk meminta saran agar Anda dapat mendapatkan informasi lain baik tentang produk Anda maupun tentang pangsa pasar.
Bahkan, terkadang ada saja hal yang Anda lewatkan. Dengan meminta saran, maka akan ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan.
Anda bisa memanfaatkan orang-orang di negara dimana produk akan dipasarkan atau tetap bersama tim Anda yang terdiri dari orang-orang lokal namun mereka dilatih dengan bahasa dan keterampilan internasional lainnya.
Rencana bisa berupa banyak hal dari mulai tahap pemasaran, pengembangan sampai pada tahap bagaimana cara menjaga bahkan menambah konsumen baru.
Dari beberapa tips di atas, tentunya saat ini wawasan Anda tentang resiko investasi dari bisnis yang go international sudah Anda dapatkan sehingga Anda harus mencari solusi untuk mengurangi resiko bisnis tersebut.
Selalu berjalan dengan para ahlinya sehingga Anda akan mendapatkan banyak ilmu tentang pasar mancanegara.
Ya, bukan cuma artis yang memiliki cita-cita untuk go international, para pebisnis juga. Sebelum memulai, pahami resiko investasi saat Anda sudah mengarahkan pasar ke mancanegara. Resiko akan selalu ada tapi resiko juga bisa diminimalisir dengan manajemen resiko.
Salah satu manajemen resiko yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan hal-hal yang bisa mengurangi resiko seperti beberapa tims untuk mengembangkan usaha Anda seperti di bawah ini;
8 Tips Mengembangkan Usaha Hingga ke Mancanegara
1. Lakukan penelitian
Kunci untuk berhasil dalam mengembangkan pasar baru apalagi pasar mancanegara adalah memastikan produk akan dapat diterima dengan baik.Hal itu dapat terjadi ketika Anda melakukan penelitian terhadap produk, pesaing serta pasar dimana produk akan dipasarkan.
Ada banyak hal yang berkaitan dengan penelitian hingga membuat Anda yakin bahwa produk akan diterima dengan baik di pasar mancanegara.
2. Pelajari karakter penduduk
Mempelajari karakter, kebudayaan, termasuk pendidikan penduduk negara yang akan dituju adalah hal penting yang harus dilakukan.Dengan ini, Anda dapat memetakan pasar serta potensi yang bisa Anda maksimalkan. Anda harus bisa memastikan bahwa produk yang akan dijual ke negara tersebut apakah akan diminati dari sisi karakter, budaya dan pendidikan negara tersebut. Terkadang, memodifikasi produk juga diperlukan agar dapat diterima pasar.
3. Tingkatkan kualitas produk
Kualitas merupakan faktor penentu dari sebuah produk akan laku di pasar internasional atau tidak. Di pasar internasional, konsumen tidak akan terlalu peduli dengan harga jika kualitas yang diberikan memang tinggi.Berbeda dengan pasar di Indonesia dimana harga murah masih lebih dominan walau kualitas yang diberikan rendah. Jadi, terus tingkatkan kualitas hingga mencapai standar internasional.
4. Media promosi
Media promosi merupakan strategi marketing yang harus Anda jalankan. Ada banyak media promosi yang bisa menjangkau pasar internasional.Anda bisa memulai dengan membuat website dengan bahasa Inggris agar dipahami oleh konsumen di berbagai negara, iklan di google, iklan di media sosial dan yang tidak boleh tertinggal adalah mendaftarkan toko online Anda di marketplace internasional seperti Amazon, Alibaba atau bahkan e-bay. Dengan kemajuan teknologi dan internet, seharusnya ini tidak terlalu sulit.
5. Perhatikan kebijakan pemerintah setempat
Ibarat pepatah Jawa mengatakan ‘kulo nuwun’ sebelum memasuki rumah orang, maka sama dengan bisnis Anda. Anda harus memahami regulasi pemerintah setempat dimana.Anda akan memasarkan produk. Anda harus mendapatkan legitimasi atau izin legal untuk bisa memasarkan produk di negara tersebut.
Dengan begitu, Anda tidak akan mendapatkan masalah terkait dengan hukum di negara tersebut.
6. Carilah saran
Saran bisa didapatkan dari mana saja, dari seorang konsultan, dari pebisnis mancanegara lainnya, dari eskportir dan lain sebagainya.Penting untuk meminta saran agar Anda dapat mendapatkan informasi lain baik tentang produk Anda maupun tentang pangsa pasar.
Bahkan, terkadang ada saja hal yang Anda lewatkan. Dengan meminta saran, maka akan ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan.
7. Membangun keterampilan internasional
Tentu, karena Anda ingin go international, maka yang Anda harus mempersiapkan orang-orang yang memiliki keterampilan internasional baik dari sisi bahasa, negosiasi maupun hal lain termasuk marketing.Anda bisa memanfaatkan orang-orang di negara dimana produk akan dipasarkan atau tetap bersama tim Anda yang terdiri dari orang-orang lokal namun mereka dilatih dengan bahasa dan keterampilan internasional lainnya.
8. Memiliki rencana bisnis
Jika semuanya sudah Anda miliki, maka jangan lupa untuk membuat rencana bisnis yang akan menjadi acuan dari bergeraknya perusahaan Anda.Rencana bisa berupa banyak hal dari mulai tahap pemasaran, pengembangan sampai pada tahap bagaimana cara menjaga bahkan menambah konsumen baru.
Dari beberapa tips di atas, tentunya saat ini wawasan Anda tentang resiko investasi dari bisnis yang go international sudah Anda dapatkan sehingga Anda harus mencari solusi untuk mengurangi resiko bisnis tersebut.
Selalu berjalan dengan para ahlinya sehingga Anda akan mendapatkan banyak ilmu tentang pasar mancanegara.
Post A Comment:
0 comments: