Dalam membangun sebuah bisnis, bukan hanya faktor internal seperti arus keuangan yang lancar maupun jenis produk yang dijual namun faktor eksternal pun mampu mempengaruhi keberhasilan sebuah usaha seperti lokasi dan juga konsumen.

Ada istilah yang mengatakan jika konsumen adalah raja dan semua permintaannya harus dipenuhi. Memang benar karena konsumenlah yang menentukan keberhasilan usaha yang Anda miliki. Apabila banyak konsumen yang membeli produk Anda, maka akan semakin banyak pula keuntungan yang akan Anda peroleh. Sebaliknya, jika konsumen tak banyak menggunakan produk maupun jasa yang Anda produksi, maka keuntungan atau pendapatan yang diperoleh semakin sedikit. Untuk itulah diperlukan tips memelihara loyalitas konsumen agar mereka tak akan berpindah menuju usaha lain. Apalagi, menjaga kesetiaan pelanggan saat ini adalah hal terpenting mengingat banyak sekali saingan bisnis serupa.

Persaingan usaha yang semakin ketat akan membuat para pemilik usaha berpikir dengan keras bagaimana caranya agar pelanggan tidak kabur atau tidak memilih usaha lainnya dan justru mereka akan membawa lebih banyak lagi konsumen bagi usaha Anda. Terdapat beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk diterapkan pada bisnis Anda sebagai berikut:

Memberikan servis yang memuaskan

Salah satu kunci untuk tetap menjaga kesetiaan pelanggan pada produk yang Anda buat adalah dengan memberikan servis yang memuaskan pada setiap pelanggan. Selain tentunya produk yang baik, pelayananan memang menjadi hal yang nomor satu. Pelayanan yang sangat berkualitas merupakan kunci sukses dari bisnis yang dijalani. Tidak hanya kepada pelanggan setia saja, namun juga pelayanan yang sempurna harus diberikan pada pelanggan baru agar mereka mau menjadi pelanggan setia Anda juga. Banyak sekali aspek yang harus dijaga dalam hal pelayanan seperti aspek kebersihan. Jika booth maupun tempat Anda kotor, maka pelanggan pun akan merasa jijik dan akhirnya enggan untuk kembali lagi menuju tempat Anda kecuali apabila Anda berjualan dengan sistem online yang lokasinya tidak diketahui oleh orang lain. Keramahan pun juga diperlukan sehingga pelanggan akan merasa dihargai karena telah menggunakan jasa maupun produk Anda. Selain itu, faktor lainnya adalah kecepatan dalam melakukan pelayanan, kualitas dari rasa, kelayakan harga, ketepatan pelayanan juga menjadi faktor pendukung.

Membangun hubungan simbiosis mutualisme

Ketika servis terbaik mampu Anda berikan pada pelanggan, maka secara tidak langsung Anda telah membuat mereka bertahan sekaligus menjadi setia dengan usaha yang Anda buat. Selanjutnya, hal yang harus Anda lakukan adalah membuat hubungan kerja sama yang baik antara pelanggan dengan Anda sebagai pemilik bisnis. Jika masing-masing pihak sama-sama diuntungkan, maka dampak positif dari bisnis Anda akan semakin terlihat. Berikanlah beberapa promo pada pelanggan sebagai bentuk apresiasi, maka mereka secara otomatis akan menjadi media promosi paling menguntungkan yang tidak perlu dibayar karena mereka akan menyebarkan bisnis Anda dari mulut ke mulut sehingga nantinya bisnis tersebut akan menjadi lebih berkembang dari sebelumnya.

Menangani komplain dengan baik

Dalam sebuah bisnis tidak ada yang namanya jalan mulus. Terkadang hambatan bisa datang dari mana saja bahkan pelanggan yang komplain karena merasa tidak puas dengan pelayanan ataupun produk yang Anda buat. Beberapa komplain mungkin ada yang tidak masuk akal atau sepele namun ada juga yang valid sehingga Anda harus menyiapkan waktu khusus untuk menangani komplain yang ada dengan cepat dan tepat. Jika banyak sekali komplain sama yang merujuk pada satu benda tertentu, maka sebaiknya Anda lakukan pembenahan sehingga nantinya tak akan ada lagi orang yang komplain akan hal tersebut. Sementara untuk komplain lainnya bisa Anda tangani sendiri dengan baik. Hanya saja perlu diingat bahwa Anda tidak boleh emosi maupun marah ketika menjawab komplain ataupun membalasnya akrena hal itu akan membuat reputasi bisnis Anda menjadi menurun sebab pelanggan merasa dikecewakan dengan pelayanan Anda. Selalu senyum dan juga ramah bahkan jika pelanggan tersebut berkata kasar pada Anda. Bila Anda mampu melakukannya, maka lebih mudah untuk meningkatkan bisnis tersebut ke arah lebih baik.

Dengan menerapkan tips memelihara loyalitas konsumen, maka diharapkan Anda mampu untuk mengembangkan bisnis agar menghasilkan keuntungan maksimal dan bertahan lama.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: