Marketplace tidak jauh berbeda dengan definisi pasar tradisional. Bedanya ada pada tempat dan cara transaksinya. Marketplace merupakan pasar online dimana di dalamnya terdapat banyak toko online.
Oleh sebab itu, jika Anda memiliki toko online, marketplace adalah strategi investasi yang tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis investasi toko online Anda.
Tentu, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar menghasilkan keuntungan saat berjualan di marketplace. Berikut tips yang bisa Anda lakukan;
Pahami kelebihan, kekurangan, cara pakai serta keunggulannya dibandingkan dengan produk lain. Tentu, Anda sudah harus menyiapkan jawaban yang singkat dan padat namun memuaskan konsumen.
Tidak semua konsumen hanya cukup membaca keterangan produk Anda. Ada banyak konsumen yang bertanya dulu untuk memastikan produk tersebut.
Anda bisa mentarget ibu rumah tangga, wanita karier, karyawan atau yang lainnya. Setelah memahami background target pasar, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memahami jadwal mereka untuk online.
Umumnya, ibu rumah tangga memiliki banyak waktu sehingga bagi mereka respon Anda yang terlambat tidak akan menjadi masalah.
Namun, hal ini berbeda ketika target pasar adalah karyawan atau wanita karir dimana mereka akan melakukan pembelian atau belanja online di saat jam istirahat siang. Mereka tidak memiliki banyak waktu.
Oleh sebab itu, mereka lebih memilih toko dengan tingkat responsive tinggi saat jam siang. Mereka tidak memiliki cukup waktu untuk membandingkan harga dengan toko lain.
Maka, pastikan Anda ada waktu kosong saat siang hari untuk membalas pertanyaan atau pesan mereka.
Anda hanya perlu melakukan inovasi, menurunkan harga yang lebih murah tapi jangan terlalu jauh karena harga yang jauh lebih murah bukan berarti konsumen akan memilih melainkan mereka akan curiga dengan kualitas barang asli atau tidak.
Oleh sebab itu, cukup taruh harga beberapa puluh ribu di bawah harga competitor. Dengan begini, jumlah konsumen Anda akan meningkat karena harga yang lebih murah.
Oleh sebab itu, bangun toko online di beberapa marketplace agar semakin banyak konsumen yang terjaring. Satu marketplace mungkin tidak memiliki potensi, namun marketplace lain bisa bersinar.
Walau potensi di marketplace tertentu belum terlihat, bukan berarti Anda akan menghapus akun di marketplace tersebut. Tidak, tetap jalankan seperti biasa.
Beberapa marketplace memang menyediakan kolom penilaian berupa bintang yang nantinya akan muncul di bawah nama toko online tersebut sehingga ketika reputasinya bagus maka akan terlihat hasil penilaian para konsumen terhadap toko tersebut.
Tentu, reputasi yang baik akan lebih memudahkan untuk mendapatkan konsumen baru karena konsumen baru bisa dengan mudah untuk percaya baik terhadap produk maupun kualitas pelayanan.
Selain itu, jika ada dua toko online yang menjual produk yang sama, toko dengan reputasi lebih tinggilah yang akan dipilih konsumen karena mereka tidak mau rugi jika barang mengecewakan atau bahkan barang tidak datang.
Dari beberapa tips di atas, Anda sudah bisa menyimpulkan bagaimana seharusnya toko online yang Anda bangun di marketplace.
Anda bisa mencoba strategi investasi yang lain agar toko online tersebut semakin mudah dikenal. Satu lagi, ingat pelayanan, diskon, promo dan lain sebagainya layaknya Anda membuka toko konvensional. Strategi marketing tertentu juga dibutuhkan.
Oleh sebab itu, jika Anda memiliki toko online, marketplace adalah strategi investasi yang tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis investasi toko online Anda.
Tentu, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar menghasilkan keuntungan saat berjualan di marketplace. Berikut tips yang bisa Anda lakukan;
Tips Berjualan Melalui Marketplace Lokal
1. Mengenali Produk Anda
Knowledge terhadap produk yang Anda tawarkan merupkan sebuah keharusan. Bagaimana Anda bisa menjual produk jika Anda sendiri tidak tahu produk itu.Pahami kelebihan, kekurangan, cara pakai serta keunggulannya dibandingkan dengan produk lain. Tentu, Anda sudah harus menyiapkan jawaban yang singkat dan padat namun memuaskan konsumen.
Tidak semua konsumen hanya cukup membaca keterangan produk Anda. Ada banyak konsumen yang bertanya dulu untuk memastikan produk tersebut.
2. Mengenali Pelanggan Anda
Mengenal pelanggan bisa diartika dengan mengenal background mereka. Hal ini bisa dilihat dari produk yang Anda jual. Siapa atau segmen pasar yang bagaimana yang Anda targetkan dari produk tersebut.Anda bisa mentarget ibu rumah tangga, wanita karier, karyawan atau yang lainnya. Setelah memahami background target pasar, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memahami jadwal mereka untuk online.
Umumnya, ibu rumah tangga memiliki banyak waktu sehingga bagi mereka respon Anda yang terlambat tidak akan menjadi masalah.
Namun, hal ini berbeda ketika target pasar adalah karyawan atau wanita karir dimana mereka akan melakukan pembelian atau belanja online di saat jam istirahat siang. Mereka tidak memiliki banyak waktu.
Oleh sebab itu, mereka lebih memilih toko dengan tingkat responsive tinggi saat jam siang. Mereka tidak memiliki cukup waktu untuk membandingkan harga dengan toko lain.
Maka, pastikan Anda ada waktu kosong saat siang hari untuk membalas pertanyaan atau pesan mereka.
3. Kenali Kompetitor Anda
Kompetitor adalah hal yang lumrah yang ada di dunia bisnis. Anda tidak perlu berlebihan menanggapinya.Anda hanya perlu melakukan inovasi, menurunkan harga yang lebih murah tapi jangan terlalu jauh karena harga yang jauh lebih murah bukan berarti konsumen akan memilih melainkan mereka akan curiga dengan kualitas barang asli atau tidak.
Oleh sebab itu, cukup taruh harga beberapa puluh ribu di bawah harga competitor. Dengan begini, jumlah konsumen Anda akan meningkat karena harga yang lebih murah.
4. Pilih Beberapa Marketplace
Satu marketplace tidaklah cukup. Ingat, Anda tidak akan tahu dari mana konsumen akan berbelanja. Ada yang dari satu marketplace ada juga dari marketplace yang lain karena setiap marketplace juga bersaing secara sehat.Oleh sebab itu, bangun toko online di beberapa marketplace agar semakin banyak konsumen yang terjaring. Satu marketplace mungkin tidak memiliki potensi, namun marketplace lain bisa bersinar.
Walau potensi di marketplace tertentu belum terlihat, bukan berarti Anda akan menghapus akun di marketplace tersebut. Tidak, tetap jalankan seperti biasa.
5. Bangun Reputasi
Reputasi merupakan syarat wajib untuk bisa membangun toko online yang sukses. Reputasi merupakan penilaian konsumen terhadap toko online Anda dimulai dari kualitas produk hingga pelayanan Anda terhadap mereka.Beberapa marketplace memang menyediakan kolom penilaian berupa bintang yang nantinya akan muncul di bawah nama toko online tersebut sehingga ketika reputasinya bagus maka akan terlihat hasil penilaian para konsumen terhadap toko tersebut.
Tentu, reputasi yang baik akan lebih memudahkan untuk mendapatkan konsumen baru karena konsumen baru bisa dengan mudah untuk percaya baik terhadap produk maupun kualitas pelayanan.
Selain itu, jika ada dua toko online yang menjual produk yang sama, toko dengan reputasi lebih tinggilah yang akan dipilih konsumen karena mereka tidak mau rugi jika barang mengecewakan atau bahkan barang tidak datang.
Dari beberapa tips di atas, Anda sudah bisa menyimpulkan bagaimana seharusnya toko online yang Anda bangun di marketplace.
Anda bisa mencoba strategi investasi yang lain agar toko online tersebut semakin mudah dikenal. Satu lagi, ingat pelayanan, diskon, promo dan lain sebagainya layaknya Anda membuka toko konvensional. Strategi marketing tertentu juga dibutuhkan.
Post A Comment:
0 comments: